14 April 2011

Profesi TI

Programmer
Orang-orang yang membuat skrip menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Java, C++, Python, PHP, Ruby, dsb untuk menghasilkan aplikasi perangkat lunak baik yang berjalan pada jaringan maupun tidak. Programmer ini bisa berupa software developer maupun web developer.



Software Analyst
Profesi untuk menentukan kebutuhan dari suatu perangkat lunak yang akan dibangun atau sudah dibangun tetapi ingin dirubah agar lebih baik dengan berdasarkan dari kebutuhan penggunanya.

Sistem Analyst
Profesi untuk dapat menganalisis sistem dangan memecahnya menjadi beberapa bagian komponen baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunaknya (software) serta interaksi antar komponennya kemudian juga harus dapat memecahkan masalah dalam interaksinya.

Project Manager
Bertanggung jawab atas perencanaan, eksekusi, dan penutupan suatu proyek. Proyek yang dimaksud di sini adalah yang berhubungan dengan jaringan komputer, pembangunan perangkat lunak, ataupun telekomunikasi. Project manager merupakan orang yang berhak untuk memilih orang-orang yang nantinya akan berkompetensi untuk dapat menyelesaikan suatu proyek.

System Operator
Orang yang bekerja sebagai operator sistem bertugas untuk memantau jalannya sistem. Mencegah terjadinya ketidaknormalan pada sistem, dan bahkan mengambil tindakan jika terjadi hal-hal yang tidak wajar / tidak diinginkan.

Technical Support
Memberikan bantuan kepada pengguna akhir jika terjadi masalah pada sistem baik perangkat lunak maupun keras yang berhubungan langsung dengan pengguna tersebut. Technical support juga dapat bertindak sebagai instruktor dalam rangka melatih / training kepada pengguna akhir untuk menggunakan teknologi tertentu yang bersangkutan.

*CMIIW (Corect Me If I'm Wrong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok