30 Desember 2009

Ragam Bahasa

^^^

>> Apa yang dimaksud dengan ragam bahasa ?

Ragam bahasa adalah keunikan cara penyampaian menggunakan bahasa. Dalam berinteraksi antarmanusia, tiap individu memiliki ciri khas sendiri yang dapat dibedakan saat bertutur atau menggunakan tulisan yang dapat dirasakan oleh orang lain.


>> Sebutkan & jelaskan hal-hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa dan berikan ilustrasinya !

Terjadinya ragam bahasa bisa dikarenakan oleh faktor lingkungan pergaulan, situasi resmi atau tidak resmi, dialek bahasa daerah, dll.
Contoh dalam lingkungan pergaulan ketika remaja berbicara kepada orang yang lebih tua dan dihormati seperti guru maka ia akan berbicara dengan lebih sopan dibandingkan dengan saat berbicara dengan teman yang usianya tidak berbeda jauh dengannya.
Situasi resmi misalnya acara pelepasan siswa SMA. Perwakilan siswa yang ditunjuk untuk menyampaikan kesan dan pesan di panggung akan lebih menggunakan bahasa baku dibandingkan saat dia turun dari panggung dan berbicara dengan orang lain.
Seseorang yang berasal dari Batak yang berbicara dengan orang yang berasal dari Jogja. Misalnya saat mengucapkan “Mau pergi dulu.”. Ucapan orang yang berasal dari Batak akan terdengar menggunakan é (huruf e yang diucapkan pada kata ‘pergi’ dengan tekanan di bibir manjadi terdengar ‘pérgi’ dari yang seharusnya ‘pęrgi’) sedangkan ucapan orang yang berasal dari Jogja terdengar medok menjadi seperti “Mau pęrghi dhulu.”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok