18 Juni 2011

Menggunakan Template Penulisan Open/LibreOffice


Jika Anda pengguna Microsoft Word pasti Anda sudah tahu fungsinya. Bagaimana dengan OpenOffice Writer atau LibreOffice Writer? Ya, kedua nama yang saya sebut itu punya fungsi yang sama dengan

Dalam membuat penulisan, seringkali ada aturan yang harus dipatuhi seperti jarak margin tepi kanan-kiri-atas-bawah, ukuran kertas, lembaran-lembaran formalitas, daftar isi, daftar pustaka, dan lain-lain. Tentu sangat merepotkan selain menguras otak untuk memikirkan apa yang harus ditulis juga harus memikirkan cara penulisannya. Belajar dari pengalaman yang harus selalu mengatur tampilan halaman, paragraf, dan mencocokkan daftar isi, daftar pustaka, dan daftar yang lainnya, saya mencoba memanfaatkan fitur yang ada pada word processor (pengolah kata, dalam hal ini OpenOffice atau LibreOffice Writer) sehingga mengurangi beban kerja (sedikit, paling tidak buat saya pribadi).

Berikut ini adalah template yang dibuat dan dapat diunduh dalam format .odt (OpenOffice / LibreOffice)

[Open-Libre Office] Template Penulisan

Bentuk dari template di atas adalah:

untuk semua halaman selain cover paling depan:
  • kertas ukuran A4
  • margin (kiri, kanan, atas, bawah) -> (4cm, 3cm, 4cm, 3cm)
  • spasi tulisan -> 2"
  • font Times New Roman (Windows) / Liberation Serif (Ubuntu)
  • judul bab -> size:14, style:Bold
  • judul subbab, sub-subbab sub-sub-subbab -> size:12, style:Bold

halaman formalitas (abstraksi, kata pengantar, daftar isi, daftar ...):
  • nomor halaman di tengah-bawah
  • nomor halaman menggunakan format Romawi

halaman pertama dari tiap bab:
  • nomor halaman di tengah-bawah
  • nomor halaman menggunakan angka biasa (format Arabic)

halaman biasa + daftar pustaka + lampiran dalam bab:
  • nomor halaman di kanan-atas
  • nomor halaman menggunakan angka biasa (format Arabic)


Untuk dapat menggunakan template ini, paling tidak ada hal yang harus dilakukan yaitu ...

1.
saat akan membuat halaman FORMALITAS baru maka lakukan hal berikut ini:
pilih menu Insert -> Manual Break -> Style "HALAMAN FORMALITAS"

2.
saat akan menambahkan BAB baru lakukan:
pilih menu Insert -> Manual Break -> Style "HALAMAN AWAL BAB"

3.
selalu gunakan "paragraph Styles" untuk setiap:
  • JUDUL BAB & NON-BAB
  • Nomor Bab
  • JUDUL SUB-BAB
  • JUDUL SUB-SUB-BAB
  • JUDUL SUB-SUB-SUB-BAB
  • caption pada Gambar
  • caption pada Tabel

Contoh judul non-bab: ABSTRAKSI, LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.
Contoh dari judul bab: PENDAHULUAN, LANDASAN TEORI, PENUTUP.
Contoh nomor bab: BAB I, BAB II, ..., BAB V.
Contoh judul sub-bab:
1.1 Latar Belakang
1.2 Batasan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
2.1 Teori Pertama
2.2 Teori Kedua
Contoh  judul sub-sub-bab:
2.2.1 Subbab Pertama dari Teori Kedua
2.3.2 Subbab Kedua dari Teori Ketiga
Contoh judul sub-sub-sub-bab:
2.2.1.1 Subbab Pertama dari Subbab Pertamanya Teori Kedua


4.
Masukan data referensi pustaka ke database Bibliography (nama pengarang, tahun publikasi, judul, penerbit, atau halaman URL website). Bagaimana caranya?
Pilih menu Tools -> Bibliography Database
selanjutnya isikan data artikel, buku, atau laman online web referensi pada baris yang belum terisi.
 
Setelah salah satu baris kosong di atas diklik, pengisian data referensi juga dapat dilakukan pada bagian di bawah ini.
Bagian yang penting adalah "Short name" karena akan menjadi referensi pada halaman penulisan. Jika pengisian data sudah selesai, tutup jendela (window) Bibliography Database maka data yang sebelumnya dimasukan akan langsung disimpan secara otomatis.

...

Mengapa poin 1, 2, 3, 4 di atas diperlukan dan apa efeknya?

Poin 1 dan 2 diperlukan untuk memisahkan halaman yang memiliki nomor halaman dengan format Romawi yaitu halaman legalitas dan halaman yang berformat Arabic yaitu halaman bab, daftar isi, dan lampiran.

Poin 3 akan berefek pada "daftar isi", "daftar gambar", dan "daftar tabel". Otomatisasi pembuatan daftar isi bisa dilakukan dengan mengambil semua teks yang memiliki paragraph-style: JUDUL SUB-BAB, JUDUL SUB-SUB-BAB, dan JUDUL SUB-SUB-SUB-BAB. Tidak perlu mencari secara manual satu per satu dan menuliskannya secara manual di daftar isi. Namun, yang perlu dilakukan nantinya hanyalah klik kanan pada bagian daftar isi dan pilih "Update Index/Table" maka konten daftar isi akan otomatis tersusun sendiri.
Daftar gambar dan daftar tabel juga memiliki sifat yang sama seperti daftar isi. Daftar gambar akan mendaftar secara otomatis gambar yang memiliki caption dengan paragraph-style: Gambar. Daftar tabel akan mendaftar tabel yang memiliki caption dengan paragraph-style: Tabel.

Poin 4 berefek pada isi daftar pustaka. Daftar pustaka tidak mengambil teks tulisan dari halaman-halaman yang telah Anda tulis, tetapi hanya melihat penanda seperti "Short name" yang muncul pada halaman yang pernah Anda tulis kemudian mengambil data teks dari database untuk ditampilkan.

Jika telah selesai menulis, jangan lupa pada bagian daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dan daftar pustaka untuk selalu memperbarui kontennya dengan mengklik kanan -> "Update Index/Table.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok