13 Juni 2010

Berkaca Diri itu Susah

^^^

Beberapa hari yang lalu penulis kembali mendapatkan tugas yang cukup menyusahkan. Menulis esai mengenai hal pribadi yang terkadang justru penulis sendiri tidak tahu banyak.

Yang namanya manusia itu memang aneh. Kekurangan dan kelebihan seorang manusia mungkin bisa diketahui oleh manusia lain, tetapi belum tentu seorang manusia yang tahu kelebihan dan kekurangan manusia lain bisa tahu kekurangan dan kelebihannya sendiri.


Berangkat dari ketidaktahuan tentang diri inilah yang membuat penulis bertanya kepada teman atau kenalan penulis. Jawaban yang diberikan oleh teman-teman ternyata cukup beragam. Sepertinya tergantung pada bagaimana cara penulis berkomunikasi dengan masing-masing orang. Ada yang bilang penulis ini termasuk orang yang tidak pandai bergaul, tidak sabaran, tidak bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Namun, ada juga yang bilang kalau penulis cukup baik dan bersahabat. Ada pula yang tidak mau memberikan komentar apapun (semoga saja bukan karena saking banyaknya sisi negatif penulis). :'(

Sepertinya hanya ada satu kekurangan penulis yang benar-benar penulis sadari yaitu sukar menerima pendapat tentang keburukan penulis karena meskipun tidak menyangkal pendapat orang lain secara langsung, dalam hati penulis masih tetap ada rasa tidak terima yang muncul seketika. Manusia itu memang benar-benar aneh. Ingin tahu tentang sesuatu, tetapi setelah mengetahui yang sebenarnya malah kemudian menyangkal kenyataannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok