14 Oktober 2010

Telekomunikasi dan Informatika

Telematika merupakan istilah yang dimaksudkan untuk menyebut telekomunikasi dan informatika. Telematika adalah ilmu yang berkaitan dengan penyimpanan informasi menggunakan peralatan telekomunikasi.

Informatika merupakan ilmu yang mempelajari transformasi data pada mesin yang dapat melakukan komputasi. Sedangkan telekomunikasi merujuk pada teknik (komunikasi) untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Komponen dasar telekomunikasi adalah: informasi, pengirim informasi, penerima informasi, dan media transmisi. Media transmisi sangat berpengaruh dalam pennetuan bentuk komunikasi nantinya.



Bentuk komunikasi dikategorikan menjadi 3 yaitu: komunikasi satu arah, dua arah, dan semi dua arah.

- komunikasi satu arah (simplex), pihak pengirim informasi hanya dapat mengirim informasi, pihak penerima hanya dapat menerima informasi. Contohnya pada stasiun TV dan penonton.

- komunikasi dua arah (duplex), kedua belah pihak yang saling berkomunikasi dapat saling mengirim dan menerima informasi. Contohnya adalah pembicaraan melalui telepon selular.

- komunikasi semi dua arah (half duplex), pihak yang berkomunikasi dapat saling mengirim dan menerima informasi, tetapi tidak dapat bersamaan mengirim atau menerima dalam satu waktu yang sama. Contohnya adalah handy talky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok