08 April 2011

Perkembangan Kewirausahaan TI Indonesia

Teknologi Informasi di Indonesia saat ini tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu penyumbang lapangan kerja. Situs-situs seperti Indowebster, Kaskus, Koprol, dsb di Indonesia bermunculan dan dapat menyambung hidup tenaga kerjanya dilihat dari masih beroperasinya situs tersebut bahkan dengan fitur-fitur yang tak kalah dengan situs komersial populer impor.



Tentunya situs tersebut tidak sekonyong-konyong muncul begitu saja, tetapi ada yang mendirikan atau si pemilik inisiatif kewirausahaannya. Kebanyakan ide wirausaha di bidang ini muncul dari kaum yang sedang atau telah mencicipi pendidikan akademik yang bersentuhan dengan bidang TI. Namun, toh yang namanya wirausaha bukan monopoli segelintir orang saja karena dimana ada niat akan ada jalan untuk mencapainya. Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan  Budi Dharmawan adalah pendiri Kaskus. Mereka adalah mahasiswa yang mengenyam pendidikannya di negri Paman Sam. Pada tahun 1999 lahir Kaskus dengan konsep forum komunitasnya. Konsep ini berhasil menarik hati pengguna internet terutama Indonesia. Meskipun pada awal-awal berdirinya, popularitas Kaskus didongkrak oleh subforum yang kontroversial. Namun, perlu diacungi jempol saat ini hal semacam itu telah menjadi masa lalu.

Sekitar tahun 2007, Juny Maimun alias Acong membuat situs web dengan nama Indofile yang setahun kemudian berganti nama menjadi Indowebster. Situs ini merupakan situs saling bagi pakai file. Penggunanya dapat dengan bebas mengunggah dan mengunduh file dari situs ini. Usaha lain yang dilakukan oleh Acong adalah ISP dan warnet. Tidak sampai di situ, pada tahun 2008 muncul situs jejaring sosial besutan anak bangsa yaitu Koprol. Konsep situs ini menggabungkan Twitter, Plurk, dan Brightkite.

Sepertinya perkembangan kewirausahaan TI di Indonesia ke depannya lebih condong ke arah internet dibandingkan dengan aplikasi. Namun, itu hanyalah pandangan dari kacamata orang yang memeiliki wawasan sempit seperti saya. Semoga saja kewirausahaan TI Indonesia dapat merambah ke ranah lainnya, semoga saja.

***

Sumber Pustaka

Anonim. Kaskus. http://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus. Diakses 8 April 2011.
Anonim. Koprol. http://id.wikipedia.org/wiki/Koprol. Diakses 8 April 2011.

Kurniawan, Deni. Potret Sejarah "Juny Maimun" [Pendiri Indowebster]. http://tentang-sejarah.blogspot.com/2010/05/potret-sejarah-juny-maimun-pendiri.html. Diakses 8 April 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok