09 April 2011

Meramal Kebutuhan Dalam Pembuatan Software

Jika Anda merupakan orang yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan software, apakah Anda pernah merasakan sulitnya memperkirakan berapa orang, yang dibutuhkan dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan sebuah proyek perangkat lunak? Untuk meramal kebutuhan sumber daya manusia dan uang dalam pembuatan software dibuatlah model yang disebut COCOMO (Constructive Cost Model). COCOMO pertama kali muncul dari tulisan Barry Boehm pada tahun 1981. Penerus COCOMO pertama atau yang dikenal sebagai COCOMO 81 adalah COCOMO II. COCOMO II dikembangkan pada tahun 1997 dan mulai dirilis ke publik pada tahun 2000.

Ada 3 jenis COCOMO yaitu:


Basic COCOMO
Variabel yang digunakan adalah SLOC (Source Line Of Code). Definisi secara fisik mengenai SLOC adalah banyaknya barisan kode program untuk membuat software sedangkan definisi secara logik mengenai SLOC merupakan banyaknya "statement" dalam kode program.
Variabel lainnya adalah pengelompokan dari sumber daya manusia dan lingkungan pengembangan yang dibagi menjadi organic, semi-detached, dan embedded.
Intermediate COCOMO
Intermediate COCOMO memperhitungkan atribut dari produk, hardware (perangkat keras), personil, dan proyek itu sendiri.
Atribut dari produk: kehandalan, ukuran database, tingkat kerumitan.
Atribut hardware: performa saat eksekusi program, memori, respon, dan virtual machine volatitlity.
Atribut personil: kemampuan analisis, penguasaan perangkat lunak, dan pengalaman.
Atribut proyek: penggunaan alat bantu pembuatan software, metode pembuatan, dan jadwal.
Kunjungi link untuk mencoba kalkulator intermediate COCOMO.
Detailed COCOMO

COCOMO yang terakhir ini menggunakan 6 fase sebagai variabelyaitu:
kebutuhan (requirements)
desain produk (product design)
desain detail (detailed design)
kode & uji unit (code & unit test)
integrasi & pengujian (integrate & test)
perawatan (maintenace)

***

Sumber Pustaka

Anonim. COCOMO. http://en.wikipedia.org/wiki/Cocomo. Diakses 9 April 2011.
Anonim. Execution Time Constraint. http://sunset.usc.edu/research/COCOMOII/cocomo81_pgm/time.html. Diakses 9 April 2011.
Anonim. Computer Turnaround Time. http://sunset.usc.edu/research/COCOMOII/cocomo81_pgm/turn.html. Diakses 9 April 2011.
Anonim. Source Lines of Code. http://en.wikipedia.org/wiki/Source_lines_of_code. Diakses 9 April 2011.
Anonim. Virtual Machine Volatility. http://sunset.usc.edu/research/COCOMOII/cocomo81_pgm/virt.html. Diakses 9 April 2011.
Faghih, Farshad. Software Effort and Schedule Estimation. http://enel.ucalgary.ca/People/Smith/softproj/prev689/1997.94/reports/farshad.htm. Diakses 9 April 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok