26 Maret 2012

ERROR: Eclipse-Aptana-Debian --> Switch Java Compiler

  




Apakah Anda pengguna Eclipse atau turunannya seperti Aptana Studio?
Apakah Anda juga pemakai Debian? Kalau kedua jawabannya adalah ya, bisa jadi Anda memiliki massalah yang sama dengan saya. Sebelumnya saya menggunakan Aptana Studio 3 di Ubuntu 11.04. Semuanya berjalan normal tanpa masalah saat digunakan.

Beberapa bulan kemudian, saya beralih menggunakan Debian 6. Saya pikir Aptana akan berjalan lancar sama seperti saat di Ubuntu. Ternyata Aptana selalu crash beberapa saat setelah dijalankan. Seharian frustasi, saya mencoba pindah haluan menggunakan Eclipse (Helios kalau tidak salah). Hasilnya sama saja, tetapi ada peringatan bahwa Java compiler yang digunakan oleh Debian (GCJ kalau tidak salah) tidak kompatibel dengan Eclipse.

Solusinya adalah dengan mengganti default Java compiler Debian dengan OpenJDK atau SunJDK. Pada contoh berikut , saya menggunakan SunJDK.

Buka console prompt Anda lalu masukkan perintah di bawah:

$ sudo apt-get install sun-java6-jdk
$ java -version
$ sudo update-alternatives --config java

kemudian pilih SunJDK alternative ( /usr/lib/jvm/java-6-sun/jre/bin/java )

# cat >> /etc/profile
JAVA_HOME=/usr/lib/jvm/java-6-sun
export JAVA_HOME

$ echo $JAVA_HOME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok