26 Februari 2010

Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Indonesia

Anda merasa orang yang terpelajar? Anda merasa orang yang terpandang di lingkungan Anda? Atau Anda ingin dipandang sebagai orang yang terpelajar di lingkungan Anda? Jika jawabannya “ya” maka saya percaya bahwa Anda akan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun, jika jawabannya tidak saya tetap yakin Anda masih mempergunakan Bahasa Indonesia entah dalam percakapan sehari-hari, bernyanyi di waktu santai, atau setidaknya saat Anda membaca tulisan ini.

Dalam sumpah yang melegenda dan dikenal di Indonesia yaitu Sumpah Palapa, seorang Patih Majapahit (salah satu kerajaan terbesar di tanah Indonesia pada masa lampau) yang bernama Gajahmada pernah bersumpah bahwa beliau akan mempersatukan nusantara dan memang sebagian besar wilayah Indonesia saat ini menjadi wilayah Kerajaan Majapahit.
Takdir Bahasa Indonesia kurang lebih sama dengan Sumpah Palapa. Wilayah dengan ribuan pulau dan terpisahkan dengan laut berjarak ribuan kilometer dipersatukan dengan satu bahasa.


Ada orang yang bilang “Tiap hari kan kita ngomongnya pake Bahasa Indonesia jadi nggak usah belajar lagi kali”. Mungkin pemikiran ini tidak menjadi masalah jika Anda hanya mempergunakan Bahasa Indonesia pada percakapan sehari-hari dalam situasi yang tidak resmi. Namun, bagaimana jika Anda diharuskan untuk berhubungan dengan suatu lembaga atau badan hukum seperti surat lamaran atau surat-surat lainnya untuk suatu perusahaan. Apakah Anda hanya menggunakan Bahasa Indonesia alakadarnya? Tentu tidak bukan? Setidaknya Anda harus memperhatikan penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Misalnya tidak menuliskan suatu kata atau kalimat menggunakan huruf kapital semua kecuali untuk kepala surat karena dapat diartikan bahwa Anda sedang berteriak dalam surat tersebut sehingga bisa saja Anda dianggap tidak menghargai lembaga tersebut dan hubungan Anda dengan lembaga itu akan renggang.

------------------------------------------------------------------------------------
Kepada StraightForward Ltd.

Beberapa hari lalu, saya baca lowongan yang isinya perusahaan Anda sedang membutuhkan employee di bagian project development. Saya berminat dan ingin mengajukan lamaran untuk mengisi kebutuhan tersebut.
Bersama surat lamaran ini saya sertakan resume dan curriculum vitae saya.

Trims.
------------------------------------------------------------------------------------

Dengan menggunakan Bahasa Indonesia seperti di atas seolah-olah saya terkesan orang yang tidak sopan. Pada surat di atas saya hanya menggunakan bahasa percakapan sehari-hari. Mungkin saja masih terasa sopan jika saya ucapkan dalam percakapan karena masih dibantu dengan intonasi dan gerakan tubuh, tetapi fitur seperti itu bukannlah sesuatu yang dimiliki oleh surat dan media tulis lainnya.

Kesimpulan penulis, tidak ada salah dan dosanya untuk mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena suatu saat dapat kita pergunakan dan bisa jadi mendukung karir kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

whoever you are... whatever you say... it's ok